top of page
Search
Writer's pictureSinta Vega

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pergi ke Hawaii-nya China


Rela nggak sih kalian kalau punya paspor nganggur sampai batas tanggal expired-nya ? Aku sih nggak mau kalau pasporku harus bernasib setragis itu. Setelah lebih dari setahun nggak punya liburan yang berarti dan udah nyoba ini itu biar bisa liburan gratis ke luar negeri tapi hasilnya nihil, kayaknya aku butuh liburan spesial deh tahun ini. Mungkin bukan aku aja yang ngerasain, tapi kalian juga hihi…


Paspor


Tunggu… tapi ke negara mana kita harus pergi biar bisa nikmatin liburan anti-mainstream ? Gimana kalau kita pergi ke wilayah Asia Timur ??? Tembok Besar dan Forbidden City pasti udah nggak asing lagi bagi kita sebagai ikon destinasi wisata paling populer milik negara economic superpower, siapa lagi kalau bukan China. Ditambah dengan hadirnya sosok Jack Ma sebagai pembawa perubahan besar untuk sistem pembayaran nasional negara panda tersebut dengan mengusung Alipay, nggak heran lagi saat ini China dijuluki sebagai pusatnya ekonomi global.


Lalu, pernah nggak sih kalian mikir “Emang bisa ya aku dapet liburan murah ke China ? China kan jauh, harus ngurus visa, penerbangannya mahal, belum lagi ada kendala bahasa. Ah kayaknya nggak mungkin deh aku bisa ke sana dengan budget ngepres…”


Ternyata eh ternyata, dari sebegitu luasnya wilayah negeri tirai bambu, ada salah satu pulau yang bisa jadi saksi bersejarah liburan kita yang akan datang. Pulau ini bahkan disebut-sebut sebagai Hawaii-nya China. Kok bisa ?


Eh… jadi apa sih nama pulaunya? Kan penasaran…



Yip! Hainan jawabannya. Pulau yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ajang kecantikan tertua dunia yaitu Miss World pada 2018 lalu. Dan ini 7 alasan kenapa kamu harus Liburan ke Hainan:


1. Bebas Visa

Kita-kita nih sebagai warga negara Indonesia diberikan privilege, ceilah… yaitu melancong bebas visa ke Hainan selama 30 hari, hal tersebut sebagai langkah pemerintah China untuk memajukan sektor pariwisata Hainan. Yeay!




2. Murah

Paket Tour ke Hainan bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan Negara-negara lain seperti Hong Kong, Macau dan China daratan lainnya. Untuk liburan ke sana selama enam hari empat malam (6D4N), cukup siapkan uang mulai 4,9 jutaan. Nice!


3. Destinasi yang Beragam

Kalau bahas tentang China, pikiranku ini langsung membayangkan perpaduan antara elemen alam yang segar, kultur yang otentik dan urban vibes yang modern. Nah, pas banget pulau tropis Hainan ini merepresentasikan tiga elemen tersebut secara sempurna. Apa aja sih destinasi wisatanya?

?Check this out!


A. Alam

Luasnya wilayah negara yang berbatasan dengan Rusia ini menyimpan banyak potensi keindahan alam yang masih asri berkat keseriusan pemerintah dan warga lokal untuk menjaganya. Beberapa di antaranya yaitu


Yalong Bay

Alasan utama banyaknya turis lokal dan mancanegara berbondong-bondong

ke Yalong Bay adalah karena cuacanya yang cerah, hangat serta tersedianya wisata air seperti jets ski, ski, snorkeling ataupun menyelam. Karena itulah Yalong Bay menjadi perwakilan paling pas dari Hainan untuk disetarakan dengan Hawaii. Menjadi surga pengecualian, ketika daratan China lainnya mengalami musim dingin, suhu Hainan masih tergolong hangat.

Phoenix Valley

Area tertinggi di kota Sanya dengan tawaran untuk pengunjung menaiki cable car sambil menikmati panorama kota dan pemandangan alam

selama kurang lebih sepuluh menit.


Yalong Bay Forest Park


Pioneer jembatan kaca di dunia adalah China, salah satu hasil karyanya yang mengagumkan ada di Sanya. Jembatan sepanjang 400 meter ini menjadi spot foto yang unik dan ciamik. Tak jarang, banyak postingan di sosial media yang menunjukkan ketakutan wisatawan saat melewati jembatan kaca.. hihihi nggak perlu khawatir pastilah udah diperhitungkan secara matang ya guys.


Selain itu juga terdapat destinasi lain yaitu Dadong Sea, Tianya Haijiao, Yinglong Tropical and Botanical Garden, bahkan Wuzhizhou Island yang terkenal sebagai salah satu ekologi terbaik di China.


B. Kultur

Jika ingin melihat lebih jauh dari sisi budaya dan keagungan khas China, maka tempat-tempat inilah yang wajib untuk dikunjungi


Nanshan Culture Tourism

Serial Kera Sakti menampilkan sosok Dewi Kwan Im yang cantik. Di atas laut, dibangunlah patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar 108 meter, menampilkan tiga wajah jika dilihat dari arah yang berbeda dan melambangkan seluruh kebijaksanaan, kebaikan dan kekuatan.

Haikou Movie Town

Ini nih lokasi buat photo yang paling aku cari, China-nya kerasa banget parah! Semua sudutnya, arsitekturnya, design-nya mengusung tema tempoe doeloe yang kental banget.


Suku Li & Miao

Akan menjadi pengalaman yang langka dan tak ternilai kalau bisa melihat suku asli asal suatu daerah. Ya, suku Li dan Miao masih awet dan bisa dijumpai sampai sekarang saat berkunjung ke pemukimannya. Asik banget ya kelihatannya!

Selain itu, budaya yang masih kental dan populer lainnya tersebar di Haikou Arcade Ancient Street, Nanyang Street, Lingshui Tian dan Ghuzai serta monumen legenda terkenal tentang cinta yaitu Deer Turns Back Park. Konon katanya dulu ada pemuda yang sedang memburu rusa di hutan sampai mengenai sasarannya, tiba-tiba si rusa berubah menjadi perempuan yang amat cantik. Pemuda itupun

kemudian jatuh cinta.


C. Urban

Bicara soal modernitas, pembangunan infrastruktur di China memang masif dan super cepat. Belum lengkap rasanya kalau belum melewati, menikmati atau sekadar berfoto di sekitar lokasi-lokasi ini. Superb!


Hotel Sanya Beauty Crown & Giant Tree

Satu kata, takjub. Saat bangunan-bangunan hotel lain di penjuru dunia menampilkan kemewahannya, hotel satu ini bisa dibilang outlier-nya. Salut!


Phoenix Sanya Resort


Bullet Train

Belum seperti orang lokal kalau belum nyoba transportasi berkecepatan tinggi ini. Yuk rame-rame naik moda dengan kecepatan 260km per jam ini.. hihi


4. Banyak Makanan Halal



Kalau kalian muslim, jangan khawatir dengan makanan-makanan yang ada di sana. Banyak banget tempat makan atau restoran yang menyediakan menu-menu halal seperti ayam Wenchang, Bebek Peking, Aneka Seafood, Mie Hainan, Ayam Susu Kelapa bahkan minuman seperti kopi dengan berbagai variasi. Eits.. ada juga lho obat-obatan tradisional khas China yang sudah terbukti ampuh dan dijual di kios maupun pusat oleh-oleh.


5. Serasa di Rumah Sendiri




Ada yang unik banget di daerah Ling Shui, Xin Long Hainan! Percaya nggak percaya, ternyata di sana ada Desa Bali, mirip banget dari suasana, arsitektur, ornamen, tanaman, makanan bahkan mayoritas penduduknya memang keturunan Indonesia. Singkat cerita, memang dulunya banyak penduduk asli Indonesia pindah ke sana hingga dibuatlah Desa Bali atas inisiatif pemerintah setempat untuk menarik wisatawan. Serasa berada di rumah sendiri ya sekaligus silaturrahmi dengan saudara sebangsa kita yang ada nun jauh di sana.


6. Belanja Apa Aja Tersedia



China memang terkenal dengan produk lokal-nya yang kuat. Belanja barang apa aja yang serba unik bisa kita temui di jalanan seperti Sanya Pedestrian Street sampai mall-mall modern seperti Sanya Duty Free Mall. Jangan ditanya, pasti produk-produk China harganya jauh lebih murah dibandingkan barang-barang sejenis dari negara lainnya.


7. Tidak ada Alasan untuk Tidak Pergi ke Sana

Ini nih alasan terakhir, ya karena tidak ada alasan lagi buat kita untuk tidak ke sana. Bakal jadi pengalaman yang nggak terlupakan kalau dikasih kesempatan ke sana. Definetely will be super worth it!


Sempurnanya destinasi di Hainan tentunya harus diimbangi dong dengan memilih Paket Tour China yang berkualitas. Bukan maksud apa-apa, memilih travel agent jadi salah satu hal yang krusial banget loh karena pilihan kita akan menentukan tingkat kepuasan yang bisa diwakili dari efektivitas dan efisiensi penyusunan itinerary, tour leader sampai akomodasi yang memadai.


Dari hasil searching ke sana kemari tentang Hainan Tour, kayaknya emang Cuma H.I.S Travel yang bisa mewujudkan impianku untuk liburan manja dan menyenangkan hihi.. Apalagi kalau dibandingkan dengan travel agent sejenis lainnya, ternyata H.I.S jadi yang termurah lho. Ini buktinya…


Perbandingan Paket Tour China - Hainan



Coba deh kalian klik link ini, paket tour super lengkap dari segi informasi destinasi, tanggal keberangkatan, itinerary, harga, syarat ketentuan dan yang pasti bukan kaleng-kaleng.


Nah, jadi pada pengen kan? Lewat blog ini, pengen banget nyampein ke H.I.S Travel Indonesia “Aku Berani Berlibur ke Hainan, kalau kamu?“




Kalau pengen tahu lebih jauh, yuk kita kepo sama-sama di akun sosial media H.I.S. Travel Indonesia dengan klik link di bawah ini



See you soon, Hainan. Xie-xie!

170 views0 comments

Comments


bottom of page